*) Pasang Iklan ukuran 125 x 125 biaya perbulan Rp. 10.000,-

Selasa, 24 April 2012

Cara Membuat Mainan Penyu

Bosan dengan mainan yang sudah dibuat dgn teknologi modern, mungkin anda boleh coba buat mainan yang satu ini. Bahan bisa anda sengaja beli atau mencari di gudang.

Bahan :

  • sebuah corong bekas, atau bahan plastik yang mirip batok Penyun
  • seutas benang/tali tebal (40 cm/ atau disesuaikan)
  • satu karet gelang
  • satu batang kawat halus (lebih panjang sedikit dari diameter bibir corong/batok)
  • satu buah sendok plastik
  • dua buah manik-manik
  • satu lembar karton tebal
  • potongan kayu/batu bulat (silinder) yang berat dan berbentuk silinder (contoh: gagang sapu, gagang pell kayu dll) .Bagian tengahnya diberi dua lubang untuk memasukkan karet gelang (di bor)  silinder harus dari benda yang berat agar penyu dapat berjalan sempurna. lebih baik lagi bila dibuat khusus dengan adonan semen.
 


Alat :
gunting, cutter/gergaji/pisau, lem

Cara pembuatan : 
Potong bagian ‘pegangan’ sendok plastik




Potong ujung corong bekas (dengan gergaji sebaiknya jangan gunakan cutter karena bagian ini licin) sampai mendekati pangkalnya.  Kemudian di atas bibir (lihat gambar) buat lubang memanjang seukuran lebar sendok plastik. (caranya dengan menggunakan gergaji besi, gergaji hingga tembus selebar gagang sendok)



Buat pola seperti pintu kubah pada karton plastik kemudian potong.  Sehingga diperoleh bentuk kaki kura-kura.


Masukkan sendok pada lubang memanjang yang telah dibuat di atas bibir corong (sebagai kepala penyu).  Lalu rekatkan keempat potongan kaki-kaki penyu dengan mengunakan lem.  Sehingga diperoleh bentuk seperti gambar di bawah ini.


Putuskan karet gelang, kemudian masukkan dalam dua lubang di silinder kayu atau batu, kemudian diikat kembali (lihat gambar di bawah).  gulung benang tebal pada silinder.  Ujung tali diikatkan pada potongan sendok plastik yg tersisa.


Bentuk kawat halus melengkung seperti gambar di bawah ini.  kedua ujungnya sedikit dibengkokkan dua kali untuk pegangan karet gelang.

12 copy
pasang kawat dan silinder pada corong seperti gambar di bawah ini.  dan masukkan ujung tali melalui lubang corong.


tambahkan manik-manik atau beli mata mainan untuk membuat mata penyu, sehingga diperoleh bentuk jadi seperti di bawah ini



Cara memainkan/prinsip kerja :
tarik benang pada penyu sehingga silinder penggulung tali berputar.  silinder yang berputar mengakibatkan karet terpilin menggulung.   Kemudian lepaskan pada bidang datar sehingga penyu berjalan.
sumber: http://kuasajaib.wordpress.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More